Pemekaran Nagari dan Upaya Meningkatkan Indeks Pembangunan di Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman (2024)

Pendidikan

1 Juni 2024 01:08 Diperbarui: 1 Juni 2024 01:54 44

+

Laporkan Konten

Laporkan Akun

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lihat foto

Pemekaran nagari, atau pembagian wilayah administrasi yang lebih kecil dari suatu nagari, merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan dan pelayanan publik. Di Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman, pemekaran nagari bisa berkontribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pembangunan secara keseluruhan.Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah ukuran hasil pembangunan yang didasarkan pada sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) adalah pengukuran dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuksemua negara di seluruh dunia (Biro Pusat Statistik dan UNDP,1997).

Untuk mengetahui pencapaian hasil pembangunan dilakukan pengukuranuntuk menentukan indeks pembangunan masyarakat. Menganalisis keadaanpembangunan manusia mengidentifikasi konteks atau faktor-faktor yangmempengaruhi keadaan pembangunan manusia.Pengukuran indeks pembangunan manusia didorong oleh permasalahankemiskinan yang merupakan permasalahan kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berkaitan. Rendahnya Indeks Pembangunan Manusia(IPM) akan menyebabkan menurunnya produktivitas tenaga kerja penduduk.

Hal ini dapat menyebabkan tingginya jumlah penduduk miskin. Kemiskinan merupakanpermasalahan pembangunan yang perlu ditanggulangi karena dapat menyebabkanbanyak masalah sosial yang berbeda.Badan Pusat Statistik (2016)mendefinisikan kemiskinan sebagaiketidakcukupan dari bidang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar pokok dan bukan pokok yang diukur dari sisi pengeluaran. Menurut Kuncoro (2000) dalam Tyas (2016), kemiskinan adalah ketidakmampuan dalam mencapai taraf hidup minimum.

Kemiskinan menjadi tantangan serius di banyak daerah pedesaan, dan peran kepala desa memiliki dampak signifikan dalam upaya untuk mengatasi masalah ini.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh kepala nagari dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai langkah untuk mengurangi kemiskinan di kecamatan Patamuan Padang Pariaman.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap beberapa kepala desa dan pengumpulan data melalui observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala nagari memiliki peran kunci dalam mengoordinasikan berbagai program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan IPM dan mengurangi kemiskinan. Upaya tersebut meliputi.


Peningkatan Pelayanan Publik

Pemekaran nagari memungkinkan pemerintahan menjadi lebih dekat dengan masyarakat, sehingga pelayanan publik dapat ditingkatkan. Dengan pemekaran, akses masyarakat terhadap layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan administrasi menjadi lebih mudah dan cepat. Pemerintahan yang lebih dekat akan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat setempat.

Peningkatan Kualitas Pendidikan

Pendidikan merupakan komponen penting dalam IPM. Pemekaran nagari membuka peluang untuk pembangunan fasilitas pendidikan yang lebih merata, seperti sekolah dasar dan menengah. Selain itu, program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan dapat lebih mudah diimplementasikan di tingkat nagari. Dengan demikian, kualitas pendidikan di nagari baru dapat meningkat dan berkontribusi pada peningkatan IPM.

Pengembangan Infrastruktur

HALAMAN :

  1. 1
  2. 2

LIHAT SEMUA

Mohon tunggu...


Lihat Pendidikan Selengkapnya

Beri Komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

` } }) document.querySelector('.video-box-thumb').innerHTML = html_video_rec_thumb; } } } let description = document.querySelector('meta[name="description"]').content let keywords = document.querySelector('meta[name="content_tags"]').content let title = document.getElementsByTagName("title")[0].textContent; let data = { "title": title, "description": description, "keywords": keywords, "page_id": "665a121e34777c66880b40b2", "current_url": "https://www.kompasiana.com/fanesadesrina2350/665a121e34777c66880b40b2/pemekaran-nagari-dan-upaya-meningkatkan-indeks-pembangunan-di-kecamatan-patamuan-kabupaten-padang-pariamanpemekaran-nagari-atau-pembagian-wilayah-ad", } let data_kgnow_token = { "url": "https://apis.kompas.com/api/widget/video", "Authorization": "Bearer eyJpdiI6ImhyUXB1T0dKZnJabExYbzk5SlNTMkE9PSIsInZhbHVlIjoieUZ1NlVvVDUxOHRNQ2Z2bTE2ejBoZz09IiwibWFjIjoiYWZiYzQzNTk1NTFmODMxY2IyZTBmY2E4ODYyNWQ0YjU5N2VkOTgzNmVlNjU5ZmQ4MmI1YWJmZjU2Nzg4NGVhOSJ9", } rvJixie.open("POST", "https://apis.kompas.com/api/widget/video", true); rvJixie.setRequestHeader('Authorization', data_kgnow_token.Authorization); rvJixie.setRequestHeader('Content-Type', 'application/json'); rvJixie.send(JSON.stringify(data)); } getVideo(); function dateFormatJixie(value) { const monthText = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember']; if (value) { const dateJixie = new Date(value); return dateJixie.getDate() + ' ' + monthText[dateJixie.getMonth()] + ' ' + dateJixie.getFullYear(); } else { return ""; } } function timeFormatJixie(value) { if (value) { const timeJixie = value.split(':'); if (timeJixie[0] == '00') { return timeJixie[1] + ':' + timeJixie[2]; } else { return value; } } else { return ""; } } function timeSince (value) { console.log("sini",value) if (typeof value !== 'object') { date = new Date(value); } var seconds = Math.floor((new Date() - date) / 1000); var intervalType; var interval = Math.floor(seconds / 31536000); if (interval >= 1) { intervalType = 'tahun yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 2592000); if (interval >= 1) { intervalType = 'bulan yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 86400); if (interval >= 1) { intervalType = 'hari yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 3600); if (interval >= 1) { intervalType = "jam yang lalu"; } else { interval = Math.floor(seconds / 60); if (interval >= 1) { intervalType = "menit yang lalu"; } else { interval = seconds; intervalType = "detik yang lalu"; } } } } } return interval + ' ' + intervalType; }

Pemekaran Nagari dan Upaya Meningkatkan Indeks Pembangunan di Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Wyatt Volkman LLD

Last Updated:

Views: 6317

Rating: 4.6 / 5 (66 voted)

Reviews: 81% of readers found this page helpful

Author information

Name: Wyatt Volkman LLD

Birthday: 1992-02-16

Address: Suite 851 78549 Lubowitz Well, Wardside, TX 98080-8615

Phone: +67618977178100

Job: Manufacturing Director

Hobby: Running, Mountaineering, Inline skating, Writing, Baton twirling, Computer programming, Stone skipping

Introduction: My name is Wyatt Volkman LLD, I am a handsome, rich, comfortable, lively, zealous, graceful, gifted person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.